Slideshow Image 1 Slideshow Image 2 Slideshow Image 3 Slideshow Image 4 Slideshow Image 5 Slideshow Image 6

PENCARIAN DATA

 
2017-06-05 11:32:23
Seri Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan Kilemo (Litsea cubeba L Persoon)

2017-06-05 11:34:05
Bunga Rampai Teknologi Pembenihan dan Pembibitan Jabon Putih

2017-06-05 11:41:45
Jurnal Perbenihan Tanaman Hutan Vol. 4 No.2, Desember 2016

2017-01-18 02:27:35
Jurnal Perbenihan Tanaman Hutan Vol. 4 No.1, Agustus 2016

 
 

PUBLIKASI ILMIAH    |    PUBLIKASI KHUSUS    |    PUBLIKASI LAIN-LAIN

2017-06-05 11:34:05

Bunga Rampai Teknologi Pembenihan dan Pembibitan Jabon Putih

Minat berbagai kalangan masyarakat  untuk menanam pohon mulai meningkat sejalan dengan meningkatkan harga kayu. Kondisi ini dipicu  oleh semakin berkurangnya pasokan kayu dari hutan alam yang menjadi tumpuan berbagai industri kayu di Indonesia. Jenis yang cepat tumbuh yang memiliki nilai ekonomi menjadi pilihan investasi yang menarik dan diharapkan. Selain sebagai sumber ekonomi, juga mampu memperbaiki kondisi lingkungan yang saat ini mengalami degradasi cukup berat sebagai akibat kebakaran lahan dan hutan, pembalakan liar, dan penebangan berlebihan oleh perusahaan pemegang Hak Pengusahaan Hutan.

Salah satu jenis cepat tumbuh yang memiliki ekonomi tinggi dan banyak diminati masyarakat untuk ditanam ialah jabon putih (Neolamarckia cadamba, sinonim Anthocephalus cadamba). Kayu jabon dapat digunakan untuk berbagai produk, seperti konstruksi ringan, lantai, pulp dan kertas, langit-langit, kotak, peti, mainan, ukiran, korek api, sumpit, dan pensil. Sekarang ini, beberapa perusahaan di Pulau Jawa telah menggunakan kayu dari jenis ini untuk produksi kayu lapis. Beberapa studi pun menyatakan bahwa jabon dapat digunakan juga sebagai bahan obat-obatan. Mengingat minat masyarakat yang tinggi dan nilai ekonomi jabon yang cukup baik, serta berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan No. SK.707/Menhut-II/2013 tentang Penetapan Jenis Tanaman Hutan yang Benihnya Wajib Diambil dari Sumber Benih Bersertifikat, jenis ini menjadi salah satu prioritas yang mensyaratkan kegiatan penanaman wajib menggunakan benih dari sumber benih bersertifikat.

Selain itu, untuk meningkatkan keberhasilan penyediaan bibit, tentunya teknologi penanganan benih dan bibit sangat diperlukan. Rangkaian teknologi penanganan benih dan bibit, mulai dari sumber benih, produksi benih, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, perkecambahan, penyapihan, pemeliharaan bibit hingga bibit siap tanam sangat diperlukan dalam kegiatan pengadaan bibit. Penerapan teknologi pembenihan dan pembibitan yang memadai tentunya akan meningkatkan keberhasilan pengadaan bibit yang akan berdampak pada meningkatnya keberhasilan rehabilitasi lahan dan  pembangunan hutan, serta memperbaiki produktivitas dan kualitas lingkungan.

Penyusunan buku bunga rampai ini diyakini sangat bermanfaat dan mampu memberikan pedoman bagi berbagai stakeholders yang berminat mengembangkan jabon putih. Ucapan terima kasih disampaikan kepada para penulis serta pihak lain yang terlibat, baik langsung maupun tidak langsung, dalam penyusunan buku bunga rampai  ini. Semoga buku bunga rampai ini mampu memberikan wawasan, keterampilan, dan motivasi bagi para pelaku pembenihan dan pembibitan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas bibit yang dihasilkannya, terutama untuk jenis jabon.


Download Buku Bunga Rampai Jabon Putih

Ir. Danu, M.Si
danu_bptp@yahoo.co.id
 
Megawati, S.Hut.
mg_btp@yahoo.com
 
© Copyright Balai Penelitian Teknologi Perbenihan Bogor. All rights reserved 2012